Berita SMK N 2 Bangli

Ciptakan Siswa Kreatif di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing (menjaga jarak sosial) atau physical distancing (menjaga jarak fisik) dan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah yang diterapkan oleh pemerintah untuk meminimalisir persebaran Covid-19.  Adanya kebijakan ini juga menyebabkan sekolah diliburkan. Hal ini menuntut sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau yang dikenal dengan pembelajaran daring (dalam jaringan).

            Dikutip dari sebuah artikel Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menekankan bahwa pembelajaran dalam jaringan (daring)/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Beliau juga menjelaskan pembelajaran daring difokuskan pada peningkatan pemahaman siswa mengenai Covid-19. Menyikapi hal tersebut SMK Negeri 2 Bangli melakukan pembelajaran daring yang lebih menekankan pada COVID-19.

            Kegiatan yang dimulai dari tanggal 1 April sampai 7 April 2020 diisi dengan pemberian materi yang berkaitan dengan Covid-19 oleh masing-masing wali kelas. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan penugasan pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Covid-19. Tujuan dari diberikannya penugasan ini diharapkan siswa memiliki pemahaman tentang Covid-19, siswa lebih paham tentang virus ini dan dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan, menjaga kebersihan dan kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya. Siswa diharapkan menjadi agen edukasi tentang Covid-19. Selain itu, penugasan LKS Covid-19 ini juga mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menyebarluaskan informasi tentang Covid-19 ini melalui pembuatan media informasi.

            Dari kegiatan yang telah dillaksanakan dapat dilihat dengan jelas antusias siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Seluruh informasi tentang Covid-19 ini berusaha mereka sampaikan dengan baik melalui pembuatan poster, video, maupun media lainnya. Berikut ini beberapa hasil karya terbaik dari siswa-siswi SMK Negeri 2 Bangli : Video dari Sang Ayu Kadek Purniantari, Kelas XI Ph 1 yang berjudul “Pola Hidup Bersih & Sehat Mencegah Corona” di Youtube link https://youtu.be/XPrnTjHJnwU dan video yang berjudul “Mencegah Penyebaran Covid-19” dari I Nengah Sukra Yasa, Kelas XI Ph 1 pada link https://youtu.be/vEHt0yZy9hU serta foto-foto terbaik dari siswa-siswi kami lainnya pada link berikut https://bit.ly/KreatifDiTengahPandemi


SHARE